"Ya Allah, janganlah Engkau hukum aku dengan sebab (pujian) yang mereka ucapkan,
dan ampunilah aku dari (perbuatan dosa) yang tidak mereka ketahui
(dan jadikanlah aku lebih baik dari apa yang mereka sangka)"
(HR. Bukhari)

Di Balik Setiap Musibah Ada Hikmah Yang Tersembunyi



Jika Engkau Sedang Gundah, Kesedihan Dan Kegalauan Sedang Menyesakkan Dadamu, Maka Tersenyumlah, Karena Mungkin Kesedihan Dan Kegalauan Yang Engkau Rasakan Itu Adalah Sebagai Penghapus Dosa Dan Kesalahan (Yang Pernah) Engkau (Kerjakan).


Jika Engkau Sedang Dalam Keadaan Fakir, Ketika Engkau Merasakan Sakitnya Keadaan Tak Punya, Maka Tersenyumlah, Karena Mungkin Kefakiran Itu Adalah Lebih Baik Bagi Dirimu Dan Bisa Menjauhkan Dirimu Dari Kesombongan Karena Kekayaan ... Dan Melimpahnya Harta Serta Menyelamatkan Dirimu Dari Fitnah Dan Tipu Daya Dunia.


Jika Engkau Sedang Sakit Tergeletak Lemas Di Tempat Tidur, Maka Tersenyumlah, Karena Sakit Yang Menimpa Dirimu Itu Adalah Sebagai Pembersih Dosa Dan Kesalahan Dirimu, Sebagai Obat Bagi Hati, Dan Sebagai Sesuatu Yang Dapat Membuat Dirimu Kembali Dan Semakin Dekat Kepada-Nya.






Jika Engkau Dianiaya Dan Dihina Oleh Seseorang, Maka Tersenyumlah, Karena Engkau Adalah Orang Yang Dianiaya (Dihina), Bukan Orang Yang Menganiaya (Menghina); Maka Panjatkan Puji Dan Syukur Kepada Allah Yang Telah Menjaga Dirimu Sehingga Engkau Tidak Berada Pada Posisinya (Sebagai Penganiaya) Dan Dia Pada Posisi Anda (Sebagai Teraniaya).


Jika Anak Yang Sangat Engkau Sayangi Diambil Kembali Oleh Zat Yang Menitipkannya Kepadamu, Maka Tersenyumlah, Karena Anak Itu Yang Akan Memberi Syafaat Kepadamu (Kelak Di Akhirat), Dia Telah Menjadi Pahala Yang Telah Mendahului Bagimu. Dia Telah Pergi Dengan Membawa Kesusahan Dan Tanggung Jawab Yang Sebenarnya Harus Engkau Pikul Selama Dia Masih Hidup; Sedangkan Pahala Dan Balasan (Dari Musibah Ini) Tidak Ikut Pergi Bersamanya, Akan Tetapi Masih Tetap Mengalir Kepadamu.


Jika Engkau Ditangkap Atau Dimasukkan Ke Dalam Penjara Sendirian, Maka Tersenyumlah, Karena Dengan Terpenjaranya Dirimu Itu, Allah Hendak Menjauhkan Dirimu Dari Kemaksiatan, Menyelamatkan Dirimu Dari Musibah (Yang Lebih Besar Lagi), Dan Memelihara Dirimu Dari Bencana Yang Membinasakan.
(Dr. Aidh Abdullah Al-Qarni)




Jadi, Tetaplah Tersenyum!

Gubug Maya